Minggu, 04 September 2016

Review Konsep Dasar TCP/IP

Dalam dunia jaringan terdapat beberapa bidang,salah satunya dalam bidang servis dan keamanan. Dalam hal servis pengguna bisa melakukan banyak hal layaknya pengiriman email,pengunaan proxy,udp dll. Tapi untuk kali ini yang dibahas lebih mengarah dalam bidang keamanan atau network security.


TCP/IP adalah perangkat lunak yang ada pada jaringan computer yang berfungsi sebagai komunikasi antar jaringan melalui LAN(Local Area Network) ataupun melalui internet. TCP/IP memiliki 4 layer diantaranya adalah Network Interface(Data Link),Network(Internet),Transport dan Application,TCP/IP dipergunakan di dalam banyak jaringan  Local Area Network(LAN) yang terhubunng dengan internet oleh karena itu TCP/IP memiliki beberapa sifat diantaranya:
  1. Berdiri sendiri dari hardware yang ada pada jaringan apapun. Sifat ini memungkinkan TCP/IP bergabung dengan banyak jaringan komputer.
  2. Bisa dijadikan alamat umum sehingga tiap perangkat yang memakai TCP/IP akan memiliki sebuah alamat unik dalam sebuah jaringan komputer lokal, atau dalam jaringan kumputer global seperti Internet.
  3. Merupakan protokol standar yang terbuka, gratis dan dikembangkan terpisah dari perangkat keras komputer tertentu. 
Selain itu TCP/IP juga merepukan pemersatu komputer yang memiliki tipe atau merk yang berbeda-beda sehingga jika  apabila ada hardware maupun software dari komputer yang berlainan  masih bisa berkomunkasi data melalui interne. Selain TCP/IP model masih ada OSI mode, OSI kepanjangan dari Open System Interconnection dimana layer yang ada pada OSI Model adalah penjabaran dari layer yang ada pada TCP/IP Model.



Protokol berada disemua layer pada pemodelan layer di dalam jaringan komputer dan memiliki fungsi masing-masing. Antar protokol baik pada layer yang sama dan layer yang berbedadapat saling berkomunikasi dan berkaitan satu sama lain didalam menjalankan tugasnya.,Protocol adalah sebuah kumpulan aturan atau format standar yang mengatur proses komunikasi, pengiriman dan penerimaan pesan, pembacaan pesan dan mengkoordinasikan semua komputer yang terhubung didalam jaringan sehingga memudahkan dalam proses komunikasi, transfer data dan koneksi. Dari sini sudah dapat di simpulkan peran Protocol dalam jaringan dan sangat dibutuhkan Network Security sebagai pengamanan terhadap Protocol untuk mencegah penyalahgunaan sumber daya jaringan yang tidak sah.

Pada terdapat juga output pada setiap layer diantaranya:

Terdapat juga tahapan-tahapan yang ada pada tcp yaitu:

  • Connection estabilishment
  • Data exchange
  • Connection termination
  Adapun juga tahapan dalam proses pengiriman packet diamana di dalamnya terdapat variabel seperti “SYN” yang berarti sinkronisasi hal ini terjadi karena terdapat pencocokan atau validasi terdapat pengiriman packet. Terdapat juga ACK,Push,Fin dan Rst dimana “ACK” sendiri berfungsi sebagai persetujuan, Push untuk meneruskan ke Buffer, Rst adalah pengulangan isi packet kalua fin menandakan selesai dan packet sudah dikirim


Pada saat awal pengiriman terdapat SYN yang memiliki squance number 0 kemudian pada saat penomoran terdapat SYN yang bernilai 0 à ACK yang bernilai 1 kemudian terdapat persetujuan dimana terdapat ACK yang memiliki squance number 1



0 komentar:

Posting Komentar

 
Cheap Web Hosting | new york lasik surgery | cpa website design